Minggu, 06 Mei 2012

Soal
1. Identifikasilah:
    a. ciri-ciri guru yang baik
    b. ciri-ciri guru yang hebat
2. Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi "guru yang baik" ataukah
    "guru yang hebat"? Mengapa demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan
     Anda itu.
3. Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini? Jelaskan menurut sudut
    pandang Anda masing-masing.
4. Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu? Jika ada, tulislah semua
    manfaat yang dapat Anda petik darinya.

Jawaban
1. Menurut saya ciri-ciri guru yang baik sebagai berikut :
    - Guru yang dapat mematuhi UU guru dan dosen
    - Menjelaskan sesuatu dengan baik
    - Guru yang ikhlas dalam mengemban tugas sebagai pengajar
    - Menjadi teladan yang baik bagi muridnya
    - Guru yang dapat menetahui taraf perkembangan anak. Dalam hal ini seorang guru harus
      mengetahui psikologi perkembangan muridnya yaitu fase-fase perkembangan berdasarkan pada
      usianya meliputi kognitif, emosional, dan sebagainya

    Ciri-ciri guru hebat :
    - Guru yang menguasai materi pelajaran
    - Bisa mengantarkan materi pelajaran agar bisa dipahami oleh muridnya
    - Mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya
    - Ucapan dan intonasinya jelas dan mudah dipahami
    - Mempunyai pengetahuan luas
    - Lugas dan sederhana
    - Bersahabat dan peduli
    - Menguasai metode dan media
    - Mengikuti perkembangan zaman

2. Jika diwajibkan memilih, saya akan memilih menjadi guru yang hebat, karena :
   - Guru hebat adalah guru yang mampu menanamkan konsep keilmuan di memosri siswa secara
      mendalam, membekas, dan dibawa siswa sampai kapan pun
   - Guru yang mampu menginspirasi siswa, sehingga siswa dapat berkemabng dengan kreatif dan
      inovatif
   - Guru hebat tidak mengutamakan karisma, tetapi lebih mengutamakan kualitas diri untuk
      berkembang

3. Menurut saya, profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini yaitu :
   - Guru perlu tampil sebagai pendidik, pengajar, pelatih, inovator dan dinamisator secara sekaligus
     dan integral dalam mencerdaskan siswanya
   - Menguasai metode dan media, guru harus paham kalu siswa itu mudah jenuh, jadi guru harus
      memberi model pembelajaran yang menyenangkan, dinamis, dan kreatif.
   - Megembangkan karya-karya sastra, sehingga dapat memotivasi siswa untuk terus berkarya
   - Ucapan guru tersistem, mantap, dan saling berhubungan dengan kejiwaan siswa
   - Memiliki wawasan yang luas
   - Mengikuti perkembangan zaman untuk memperluas keilmuannya
   - Bersahabat dengan siswanya, sehingga terbangun kedekatan yang dapat mempermudah
     berkomunikasi
  - Akrab dengan dunia internet atau ilmu teknologi

4. Manfaat setelah membaca wacana itu saya dapat mengetahui UU guru, bagaimana menjadi guru
    yang profesional, fungsi dan tugas guru. Dari wacana tersebut saya sebagai calon guru dapat
    mempersiapkan untuk kedepannya dalam menjalankan fungsi dan tugas guru yang profesional.
    Belajar dan terus berusaha menjadi guru yang hebat.

1 komentar:

  1. Heran,udah di edit beberapa kali tetep aja ga rapi.kenapa yah............

    BalasHapus